Ganbatte kudasai,,!!

Ganbatte kudasai,,!!
Belajar,,Belajar,,

Ahlan Wasahlan..


“Ambillah hikmah dari siapa saja, sebab hikmah itu kadang-kadang diucapkan oleh seseorang yang bukan ahli hikmah. Bukankah ada lemparan yang mengenai sasaran tanpa disengaja?” (HR. Al-Askari dari Anas ra dalam kitab Kashful Khafa’ Jilid II, h.62)

Senin, 23 April 2012

Karena Mereka Menyentuh Kami dengan Hati

Waktu itu adalah masa-masa kami menikmati sekolah menengah atas (SMA). Sekolah saya mengadakan program mentoring, yaitu program halaqoh (duduk melingkar terdiri atas beberapa orang anak) yang diisi oleh LPPM (Lembaga Pembinaan Pelajar Muslim) Cendekia Batu.


LPPM CENDEKIA KOTA BATU


Awal perkenalan kami dengan kakak pembina yaitu ketika acara Out Bond Pengenalan Lingkungan Sekolah  Siswa baru, kemudian terus berlanjut, seminggu sekali pasti kita akan bertemu dengan kakak-kakak pembina LPPM Cendekia yang ramah dan baik hati itu.


Sejak pertama berjumpa saya sudah tibo tresno dengan mereka..hahahayy.. mereka memiliki visi misi yang sama dengan saya, selain itu karena bagi saya mereka begitu anggun dalam balutan jilbab dan sapaan ramah serta senyum mereka yang tak pernah lepas dari wajah mereka membuat saya cepat akrab dengan mereka. Setiap Sabtu mulai pukul 08.00 kita mulai agenda mentoring dengan tilawah alQuran dilanjutkan dengan kultum secara bergiliran dan selanjutnya yaitu materi inti. Diakhir mentoring ada sesi cerita-cerita tentang hal pribadi yang mau di share kandan  juga sesi kontrol amal yaumiyah (amal sehari-hari).


Memang jika dibandingkan dengan para ustadzah yang mengajar saya di pesantren, tentu pengetahuan agama mereka belum semumpuni para ustadzah saya. Namun, saya tidak melihat dari itu semua. Saya merasakan ada ketulusan yang terpancar dari hati mereka untuk selalu membina ruhiyah kami.


Disaat para orang tua kami mungkin sudah tak peduli dengan sholat anaknya, mereka selalu mengingatkan bahkan mencari solusi bersama bagaimana membangunkan salah seorang di antara kami yang sering bolong sholat subuhnya. Di saat para orang tua kami tidak mau direpotkan masalah tilawah, kami setiap pekan diberi target untuk membaca alQuran satu juz. Disaat orang tua kami tidak peduli dengan shoum sunnah, mereka selalu mengingatkan. Bagi saya semua itu sangatlah tidak memberatkan karena di pesantren saya sudah terbiasa dengan didikan seperti itu.


Banyak hal bermanfaat yang saya perolehselama saya dibina oleh LPPM Cendekia. Disitu Saya bisa belajar berbicara di depan teman-teman sendiri dalam kelompok. Selama ini saya orangnya pendiam dan enggan untuk berbicara di depan umum. Mulai dari kelompok kecil inilah saya belajar menjadi MC, belajar memberi kultum, dan sebagainya. Ternyata sekarang saya harus cerewet di depan kelas, ehehhhe...alhamdulillah saya merasa terbantu dari mentoring. Belajar untuk selalu dekat dengan Allah, belajar untuk selalu beramal sholih,  belajar selalu menghargai teman, belajar untuk bersikap lembut, belajar untuk saling berbagi ilmu pengetahuan, meski itu hanya sekedar resep masakan..dan banyak lagi.


Yang paling terasa hingga saat ini adalah kekuatan ukhuwah yang ada di antara kami. Kurasa itu alasan mengapa saya masih ta'liful quluub dengan mereka. Alhamdulillah selepas SMA, teman-teman saya satu halaqoh dulu  masih istiqomah untuk berkerudung, qiyamul lail, sholat dhuha, dan shoum sunnah. Sampai sekarang masih terasa jejak-jejak sentuhan kakak-kakak pembina kami. Semoga itu adalah bagian dari amalan sholih yang akan memberatkan timbangan di yaumil hisab nanti. Aamiin
***

Beberapa hari ini mungkin perhatian kita masih tersita dengan peristiwa kerusuhan yang dilakukan oleh geng motor di Jakarta, bahkan ada yang tewas akibat adanya kerusuhan itu. Saya bertanya-tanya apa latar belakang mereka membentuk geng motor- saya menyebutnya "garis kiri"- dan tentunya bagaimana memecahkan akar permasalahan itu. Menurut para pembaca, solusi apa yang dapat diberikan????

1 komentar:

  1. Saya merasa terbantu untuk dapat menemukan jati diri saya dari sentuhan mereka

    BalasHapus

Alhamdulillah ada yang menasihati,,,