Ganbatte kudasai,,!!

Ganbatte kudasai,,!!
Belajar,,Belajar,,

Ahlan Wasahlan..


“Ambillah hikmah dari siapa saja, sebab hikmah itu kadang-kadang diucapkan oleh seseorang yang bukan ahli hikmah. Bukankah ada lemparan yang mengenai sasaran tanpa disengaja?” (HR. Al-Askari dari Anas ra dalam kitab Kashful Khafa’ Jilid II, h.62)

Selasa, 24 April 2012

Siapakah Orang yang Bangkrut itu?


Nabi Sholallahu 'alaihi Wassaallam bersabda, " Tahukah kamu siapa orang yang Muflis (Bangkrut) itu ? "
Sahabat  berkata, " Orang yang Muflis (Bangkrut) pada kami adalah orang yang tidak memiliki dirham dan tidak memiliki harta, seluruh miliknya dijual untuk membayar hutang tetapi masih saja belum lunas. "
Namun Nabi tidak membenarkannya, Nabi berkata lain, " Sesungguhnya orang muslim yang Muflis (Bangkrut) dari ummatku adalah orang yang datang dihari kiamat (saat hisab/ditanya dan mizan/dihitung amal) dengan membawa shalat (fardhu dan sunnah), umrah, haji, puasa (fardhu dan sunnah), zakat dan sedekah (serta amal baik lainnya), tetapi dia datang dengan benar-benar telah mencaci maki orang-orang ini, makan harta orang-orang ini, mengalirkan darah orang-orang ini, memukul orang-orang ini, memfitnah orang-orang ini, membicarakan kejelekan orang-orang ini, mengejek orang-orang ini, menganiaya orang-orang ini, berdusta kepada orang-orang ini, ingkar janji kepada orang-orang ini, berkhianat kepada orang-orang ini, mengambil milik orang-orang ini, memaksakan kehendak kepada orang-orang ini, serta tindakan dzalim lainnya lalu diberikan sebagian kebaikannya pada orang-orang ini dan kebaikannya kepada orang-orang itu serta kebaikannya kepada orang-orang yang lain lagi. Jika telah habis kebaikannya sebelum dibayarkan tanggungan yang ada padanya, maka diambilah kejahatan orang-orang yang pernah didosai orang itu dan dilemparkan diatas pundaknya, kemudian dilemparkanlah dia kedalam api neraka. " (HR. Muslim) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah ada yang menasihati,,,